Selasa, 15 November 2011

Budayakan membaca

bangsa yang cerdas sudah pasti memiliki masyarakat yang gemar membaca. dalam hal ini tingkat kesejahteraan juga akan terangkat. memiliki bacaan yang bermanfaat juga menjadi salah satu nilai plus untuk membentuk value dari seseorang. tidak akan dilupakan, slogan yang teringat waktu saya masih SD. Buku adalah jendela ilmu, memang benar dari buku kita dapat menjelajahi dunia walau kita berada di tempat yang ribuan kilometer jauhnya. Atlas contohnya, lewat membaca peta kita mampu membandingkan luas wilayah dan tentu kita berbangga hati. lokasi strategis karena diapit oleh dua benua dan dua samudra membuat negri tercinta menjadi pusat lalu lintas, dan tidak dipandang sebelah mata di tingkat internasional.
melahap buku demi buku pun tentu tidak menjadi soal bila seseorang telah memiliki minat baca sejak dini. Sampai ada jargon “punya sedikit uang, langsung beli buku aja. daripada beli makanan, baju” ada orang yang melahap buku minimal 1 buku sehari. dan ada pula orang yang malas membaca, dengan alasan bikin ngantuk ataupun tidak hobi, bukan kutubuku. saya ingin mengingat lagi, bagaimana saya memiliki interest untuk membaca.
ketika ambon sedang rusuh, dan saya dikirim ke surabaya untuk melanjutkan sekolah. saat itu saya masih SD kelas 5, kebetulan kakek sangat senang membaca koran pagi, yang selalu dibeli waktu itu. Harian Surya memiliki tempat di hati beliau, karena lebih simple dan lugas. jika dibandingkan dengan jawapos , harian dengan pangsa pasar tinggi memiliki font yang relatif kecil dan pengaturan artikel yang berdampingan dengan iklan secara tidak nyaman. pertama kali membaca koran, membuat saya melek akan informasi di dunia ini. wow, amazing. dari setiap hari saya selalu bergantian membaca koran tersebut dengan waktu membaca sehabis sekolah, beranjak SMP kembali ke ambon , mulai naik tingkat ke koran dengan yang lebih berat, yakni Kompas. membaca kompas dengan bahasa dan pilihan kata yang berbobot membuat saya menjadi lebih berwawasan, selain informasi yang disajikan sangat bermutu.
nah, sekarang dengan adanya internet sudah banyak media yang go online. termasuk harian kompas, membuat saya yang sekarang sudah mahasiswa, hanya cukup klik dan membaca epaper.  so dengan banyak membaca, menjadi dasar dan ketrampilan yang sangat-sangat bermanfaat. bangsa yang punya minat membaca yang tinggi akan menjadi negara yang berkualitas, responsif terhadap jaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar