Selasa, 15 November 2011

Fotokopi yang ramah lingkungan

Salah satu penyebab utama global warming atau pemanasan global adalah kertas. Karena bahan dasar kertas adalah pohon. Kebutuhan akan kertas yang semakin besar akan berdampak pula pada penebangan pohon yang dilakukan oleh pabrik kertas.TAHUKAH ANDA !
Produksi kertas:
  1. Batang pohon (kayu) menghasilkan 16 rim kertas
  2. 1 Batang pohon dapat menghasilkan oksigen yang dibutuhkan untuk 3 orang bernapas.Untuk memproduksi 1 ton kertas, dibutuhkan 3 ton kayu dan 98 ton bahan baku lainnya.
  1. Setiap jam, dunia kehilangan 1.732,5 hektar hutan karena ditebang untuk menjadi bahan baku kertas.
  2. Industri Kertas diseluruh dunia menggunakan 35% dari seluruh panen kayu komersial setiap tahun.
  3. Industri kertas menghabiskan 670 juta ton kayu untuk menghasilkan 178 juta ton of pulp dan 278 juta ton kertas dan karton.

Mari kita renungkan :
  1. 1 ton kertas = 400 rim = 200.000 lembar
  2. Untuk memproduksi 3 lembar kertas dibutuhkan 1 liter air
  3. Untuk memproduksi 1 Kilogram kertas dibutuhkan 324 liter air (environment Canada)
  4. 95% kertas dibuat dari bahan serat kayu
  5. Untuk memproduksi 1 ton kertas, dihasilkan gas karbondioksida (CO2) sebanyak kurang lebih 2,6 ton atau sama dengan emisi gas buang yang dihasilkan oleh mobil selama 6 bulan.
  6. Untuk memproduksi 1 ton kertas, dihasilkan kurang lebih 72.200 liter limbah cair dan 1 ton limbah padat
  7. Industri kertas adalah pemakai energi bahan bakar ke-3 terbesar di dunia (American Forest and Paper Association)
  8. Dulu kertas hanya digunakan untuk menulis, sekarang industri Packaging menggunakan 41% dari seluruh penggunaan kertas
Melihat kondisi tersebut, sebagai seorang mahasiswa upaya yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan kertas adalah dengan menggunakan fotokopi yang ramah lingkungan. Yakni dengan cara memfotokopi 1 lembar kertas untuk 2 halaman. Cara ini dapat menghemat penggunaan kertas hingga 50%.
Salah satu teknologi masa kini yaitu mesin fotokopi dari Toshiba yang dapat menghapus sendiri tulisan yang tertera pada kertas hasil fotokopi tersebut. Namun, mesin tersebut masih memiliki kendala dalam ketahanan tinta yang hanya 24 jam. Maka, apabila menggunakan mesin tersebut haruslah teliti dalam memilih kertas mana yang tidak terlalu dibutuhkan dalam jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar